Langsung ke konten utama

Ulasan 1

Synchronization with Semaphores

Pada ulasan ini, saya akan membahas video yang berjudul "Synchronization with Semaphoresyang telah saya simak pada https://youtu.be/Z12R-FMtods yang diunggah oleh account Tami Sorgente pada 26 May 2015 dengan durasi 8:58 menit. Video ini sudah dilihat sebanyak kurang lebih 5481 pengguna.

Di dalam proses synchronization, salah satu cara menangani critical problem dengan mekanisme semaphore. Semaphore merupakan mekanisme efektif yang digunakan baik pada sistem uniprocessor maupun multiprocessor. Pada konsepnya, semaphore memiliki 3 operation global variable yang terdiri dari initialization, wait, dan signal akan tetapi untuk variable yang dapat diakses via atomic operation hanya wait(P) dan signal(V). Terdapat 2 macam semaphore yaitu binary dan counting. Binary yaitu semaphore yang hanya bernilai 0 dan 1 sedangkan counting yaitu semaphore yang dapat bernilai 1, 0, atau bilangan integer lainnya. 

Pada semaphore dapat disimpulkan bahwa, dua proses dapat saling berkaitan atau menentukan proses yang lain dengan memanfaatkan signal. Suatu proses dapat dihentikan oleh proses yang lainnya yaitu pada saat mendapatkan signal tertentu. Sedangkan suatu proses akan menunggu untuk diproses setelah nilai integer menjadi 0. Dan selanjutnya sinyal akan melakukan increment dengan penambahan 1.

Video tersebut sangat mudah dipahami dan sederhana namun padat. Materi yang dijelaskan cukup detail namun dikemas dengan penjelasan singkat yang tidak rumit. Dengan disertai contoh kasus berupa animasi juga sangat mendukung untuk mudah dalam pemahamannya.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING09

RANKING00